Serunya Tubing River; Berlibur Sambil Berbaur dengan alam Pangandaran

Pangandara adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Dikenal dengan wisata pantainya ternyata Pangandaran banyak memiliki wisata-wisata air selain pantai yang bisa Anda temukan. Dibalik keindahan pantainya, air terjun dan sungai di Pangandaran juga tak kalah indahnya lho. Dijamin, Anda tak akan menyesal bila sudah mengunjungi salah satunya.

Berbicara mengenai tempat wisata di Pangandarana, penginapan juga menjadi hal yang penting untuk dibicarakan. Di Pangandaran Anda bisa menemukan banyak penginapan yang sesuai dan dekat dengan tempat wisata yang Anda ingin kunjungi.

Tempat Wisata Di Pangandaran Selain Pantai

Udara sejuk yang dimiliki Pangandaran, jauh dari hiruk pikuk kota, dan bising kendaraan menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berasal dari perkotaan. Sungai-sungai dan air terjun yang terdapat di Pangandaran adalah pilihan terbaik untuk Anda berlibur sambil berbaur dengan alam. Jadi, apa saja tepat wisata selain pantai di pangandaran? Cekidot!

Baca Juga: Tour And Travel Bali

Cukang Taneuh atau Green Canyon

Green Canyon

Ingin tau rasanya mengunjungi Green Canyon yang ada di Amerika? Jangan khawatir harus mengeluarkan uang dan waktu yang banyak untuk datang ke negri Paman Sam itu. Karena di negri Indonesia yang kaya akan keindahan alamnya, ada satu sungai yang keindahannya persisi seperti Green Canyon di Amerika, yaitu Cukang Taneuh.

Cukang Taneuh atau yang lebih di kenal dengan Green Canyonya Pangandaran adalah sebuah ngarai yang terbentuk akibat erosi tanah sungai Cijulang selama jutaan tahun. Selama itu, sungai Cijulang menembus gua-gua yang didalamnya memiliki stalaktit dan stalakmit yang mempesona.

Melewati ngarai Cukang Taneuh ini, Anda akan disuguhi pemandangan hijau pepohonan di tiap sisinya, gua-gua yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit berbagai ukuran, dan dua bukit yang mengapit cantik. Dengan pemandangan sesempurna itu, “Green Canyon” Indonesia ini adalah Lukisan nyata dari alam untuk memanjakan mata Anda.

Bila kebetulan Anda sedang berada di Pangandaran dan tertarik untuk menikmati keindahan alam Pangandaran, Anda bisa mengunjungi Cukang Taneuh yang terletak di Desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Berjarak 30 km dari pantai Pangandaran, akses menuju Cukang Taneuh sangat mudah.

Baca Juga: Paket Wisata Wonosobo

Puas bermain air, Anda pasti perlu tempat untuk beristirahat. Mengingat tubuh Anda yang sudah lelah karena bermain air di atau di Green Canyon Pangandaran, perjalanan dengan akses terdekat ke penginapan pasti menjadi dambaan Anda. Banyak penginapan yang jaraknya dekat dengan Green Canyon, seperti Hotel Surya Pesona dan Pondok Wulan Guest House.

Dari Green Canyon Pangandaran, hotel Surya Pesona berjarak 18,27 km. sedangkan Pondok Wulan Guest House berjarak 18,34 km.

Curug Bojong

Curug Bojong

Curug Bojong atau dahulu bernama Curug Sawangan terletak di Desa Sukahurip, kecamatan Pangandaran, Jawa Barat. Keindahan air terjunya yang deras dan bebatuan besar di sekitarnya membuat warga di sekitar Curug Bojong berinisiatif menjadikan Curug Bojong sebagai tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh orang di luar desa.

Mengunjungi Curug Bojong, Anda akan ditawarkan keindahan yang menguji adrenalin Anda. Di Curug Bojong, selain sekedar merasakan pijatan air yang jatuh, Anda juga bisa mencoba sensasi wahana air River Tubing, yaitu meluncur bebas mengikuti arus sungai dengan menggunakan ban dalam bekas mobil. Tubing di Curug Bojong Anda akan disuguhkan hijaunya pemandangan hutan di sekitar sungai.

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Bojong, Anda bisa berkendara menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Agar Anda tidak tersesat ketika mengunjungi Curug ini, Anda disarankan untuk terlebih dahulu berkendara ke desa Sukahurip. Disana ada banyak Guide Lokal yang menawarkan paket murah Curug Bojong.

Baca Juga: Wisata Jogja

Sungai Santirah

Sungai Santirah

Jika Anda di Pangandaran bersama rombingan keluarga atau teman, Anda bisa mencoba bermain Tubing River di aliran sungai Santirah. Terletak di di Selasari, Parigi, Pangandaran, sungai Santirah akan memacu adrenalin Anda di sepanjang alirannya. Dengan menggunakan ban besar Anda akan merasaka serunya sensai arum jeram dengan kaki yang saling dikaitkan, membentuk formasi rombongan Anda memanjang kebelakang.