Ketahanan Usang Karet Peredam Goncangan Kendaraan Bermotor Roda Empat dengan Bahan Pengisi Arang Aktif Bambu

Popy Marlina, Bambang Sugiyono, Hari Adi Prasetya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan usang karet peredam goncangan kendaraan bermotor. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial, setiap perlakuan diulang 3 (tiga) kali. Faktor tunggal konsentrasi arang aktif bambu 20 phr, 30 phr, 40 phr dan 50 phr. Parameter yang diamati meliputi kekerasan, tegangan putus dan perpanjangan putus sebelum dan sesudah pengusangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi arang aktif bambu berpengaruh terhadap kekerasan, tegangan putus, dan perpanjangan putus vulkanisat karet peredam goncangan. Karakteristik vulkanisat karet peredam goncangan kendaraan bermotor sebelum dan setelah pengusangan memenuhi syarat mutu karet peredam goncangan kendaraan bermotor komersial untuk perlakuan B3 hingga B5 (konsentrasi arang aktif bambu 30 phr hingga 50 phr). Nilai kekerasan karet peredam goncangan kendaraan bermotor berkisar antara 58 hingga 63 Shore A, tegangan putus 8 hingga 11,4 MPa, dan perpanjangan putus 408 hingga 487%.

Kata kunci:   ketahanan usang, karet peredam goncangan kendaraan bermotor, arang aktif bambu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats